Puting Beliung Amuk Rumah Warga di Sleman

2015-03-30-00-31-19-266201375Sapajogja (Sleman) Data Korban Angin Puting Beliung. Kepala BPBD Sleman Yuli Setiono, menyampaikan data akibat adanya angin putting beliung yang melanda Sleman selama tiga hari sejak 24, 24 dan 26 Maret 2015 yakni untuk rumah rusak mencapai 73 rumah dengan rincian 60 rusak ringan, 11 rusak sedang dan 2 rusak berat.

Pohon yang tumbang baik dipinggir jalan maupun milik warga mencapai 400 lebih pohon. Rumah rusak paling banyak terjadi Kamis, 26 Maret 2015 dengan 36 rumah rusak sedang 30 rusak ringan dan 6 rusak sedang, diwilayah Sleman, Mlati dan Ngaglik. Sementara secara keseluruhan selam 3 hari wilayah yang terkena angin putting beliung yakni Wilayah Sleman, Mlati, Ngaglik, Tempel, Turi, Seyegan, Minggir dan Moyudan.

Prioritas penanganan yang dilakukan yakni melakukan pemotongan pohon tumbang yang menghalangi jalan-jalan dengan melibatkan TRC BPBD, BLH, TNI, POLRI, Relawan dan masyarakat, dan inventarisasi kerusakan untuk pemberian bantuan logistik dan terpal/deklit serta untuk pemberian santunan bagi yang meninggal Rp 2 juta per orang dan untuk rumah rusak berat 2 juta, sedang 1 juta dan ringan 500 rb, sementara untuk bantuan perawatan rawat inap 1 juta dan rawat jalan 500 rb.

Untuk bantuan kerusakan rumah belum ada yang dicairkan karena masih melalui proses pengajuan oleh Kepala Desa dan diketahui Camat. , selanjutnya diverifikasi di BPBD untuk tindak lanjut pencairan bantuan.

Yuli menghimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan bila terjadi hujan dan angin serta melakukan pemotongan ranting yang terlalu rindang dan dirasa membahayakan serta pohon yang tinggi bisa dipangkas/dipotong asal jangan sampai keseluruhan dipotong.
Untuk itu perlu juga BLH melakukan evaluasi dan inventarisasi pohon-pohon dipinggir jalan yang membahayakan untuk antisipasi pohon roboh.

(Deb)

Leave a comment